Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 13 No. 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Kontruksi Penokohan dan Pesan Moral Dalam Film Jaros Andzar Karya Khalid Fahad

Fauziah, Resa Nurrahmah (Unknown)
Rohanda, Rohanda (Unknown)
Pauji, Resa Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penokohan dan pesan moral dalam Jaros Andzar karya Khalid Fahad dengan menggunakan pendekatan strukturalisme. Pendekatan ini berfokus pada unsur intrinsik karya sastra, khususnya penokohan dan pesan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data melalui pengamatan langsung terhadap dialog dan adegan dalam film. Analisis data dilakukan berdasarkan teori struktural, yaitu dengan mengelompokkan tokoh berdasarkan peran, sifat, dan fungsinya dalam alur cerita, serta mengidentifikasi pesan moral yang terkandung dalam hubungan manusia dengan Tuhan, diri sendiri, dan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ini memiliki berbagai jenis tokoh, meliputi tokoh protagonis, antagonis, tokoh bulat, tokoh statis, tokoh sederhana, dan tokoh tipikal. Pesan moral yang teridentifikasi meliputi tiga kategori utama: (1) hubungan manusia dengan Tuhan, yang menekankan pentingnya berdoa dan beriman di tengah situasi sulit; (2) hubungan manusia dengan dirinya sendiri, yang menonjolkan introspeksi dan tanggung jawab; dan (3) hubungan manusia dengan sesama, yang menonjolkan nilai persahabatan dan kepedulian sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Jaros Andzar merupakan film yang tidak hanya menyajikan kisah emosional dan konflik remaja, tetapi juga mengandung pesan moral yang relevan dengan kondisi sosial saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...