Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 13 No. 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Transformasi Pesta Pernikahan Dari Tradisional Ke Modern Pada Masyarakat Di Kota Palopo

Abdullah, Aulia Ramadhani (Unknown)
Awaru, A. Octamaya Tenri (Unknown)
Ridha, M. Rasyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana bentuk transformasi pesta pernikahan dari tradisional ke modern pada masyarakat di Kota Palopo. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian sebanyak 9 orang yang dipilih melalui teknik informan purpose sampling dengan kriteria informan yaitu pasangan yang sudah menikah pada tahun 2020-2024, orangtua yang berusia 40-70 tahun, memiliki status sosial, dan masyarakat yang terlibat aktif dalam berbagai aspek pernikahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk transformasi pesta pernikahan dari tradisional ke modern pada masyarakat di Kota Palopo yaitu prosesi pertunangan, sesi foto prawedding, pemilihan baju pengatin, penentuan lokasi pernikahan, penggunaan jasa pernikahan, dan pelaksanaan akad nikah dan resepsi. Pesta pernikahan mengalami transformasi di Kota Palopo. Perubahan ini mencerminkan pergeseran nilai dan kebiasaan masyarakat akibat modernisasi dan teknologi. Salah satu perubahan utama terlihat dalam prosesi pertunangan yang awalnya bersifat tertutup kini menjadi lebih terbuka dan mewah. Meski mengalami modernisasi, beberapa tradisi tetap dipertahankan sebagai bentuk pelestarian budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...