Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi guru dalam meningkatkan hafalan surah pendek mata pelajaran Al-Quran Hadist kelas 2 dan 3 di MIS Ummul Qura. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 2 dan 3 mata pelajaran Al-Quran Hadist. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 strategi utama guru Al-Quran hadist kelas 2 dan 3 dalam meningkatkan hafalan surah pendek. Pertama, pemahaman yang baik tentang karakteristik, kemampuan dan gaya belajar siswa. Pengetahuan tentang perbedaan siswa (kemampuan, karakteristik, gaya belajar) berperan penting dalam merancang pembelajaran yang efektif, efesien, dan semua perbedaan siswa dapat terfasilitasi dengan baik. Kedua, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan relevan. Adapun metode yang digunakan diantaranya adalah, tasmi’, talaqqi, tikrar, wahdah. Ketiga, pemberian reward terhadap keberhasilan siswa dalam menghafal surah pendek. Reward yang berikan guru dalam pembelajaran Al-Quran Hadist kelas 2 dan 3 berupa, pujian, bintang, dan sertifikat.
Copyrights © 2025