Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo, yang ditandai dengan kurangnya antusiasme dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran tematik. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan minim media interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media Wordwall dalam model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model spiral Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V Sekolah Alam Muara Bungo pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi kegiatan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata skor minat belajar meningkat dari 62,5% pada pra-siklus menjadi 75,8% pada siklus I, dan mencapai 87,9% pada siklus II, dengan jumlah siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi dan sangat tinggi meningkat dari 30% menjadi 85%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa integrasi media Wordwall dalam model PBL mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa, sehingga mendorong keaktifan dan rasa ingin tahu mereka dalam memecahkan masalah pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media Wordwall dalam model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru sekolah dasar dapat mengintegrasikan media digital interaktif seperti Wordwall dalam model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.
Copyrights © 2025