JBK (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
Vol 12 No 1 (2025): JBK (Jurnal Bimbingan dan Konseling)

TES DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR SISWA YANG MEMBUAT KESULITAN BELAJAR

Nurul Febrianti, Khoirun Nisak (Unknown)
Alfianita, Fina (Unknown)
Sofia Tipa, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Tes diagnostik menjadi salah satu instrumen penting, biasa digunakan mengidentifikasi hasil belajar dan kesulitan yang siswa alami sejak awal proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk membahas secara mendalam peran tes diagnostik dalam mengenali kebutuhan belajar siswa serta mengeksplorasi cara penerapannya yang efektif dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Studi ini menerapkan metode penelitian literatur dengan cara mengumpulkan data melalui pencarian di berbagai referensi yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku, dan penelitian sebelumnya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa tes diagnostik efektif dalam mengenali kebutuhan belajar individu siswa serta mampu menjadi dasar dalam pengembangan model pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap keragaman kemampuan siswa. Sehingga, pemanfaatan tes diagnostik secara optimal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perencanaan yang lebih terarah dan berbasis data, sehingga mampu menunjang pencapaian hasil belajar yang lebih maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bkmb

Publisher

Subject

Education

Description

(JBK) Jurnal Bimbingan dan Konseling adalah sebuah jurnal dengan sistem open-access, yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Barru. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan (April dan Oktober) dengan Nomor ISSN Jurnal adalah 2443-0870 (cetak), dan 2798-7140 (Online). ...