Tes diagnostik menjadi salah satu instrumen penting, biasa digunakan mengidentifikasi hasil belajar dan kesulitan yang siswa alami sejak awal proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk membahas secara mendalam peran tes diagnostik dalam mengenali kebutuhan belajar siswa serta mengeksplorasi cara penerapannya yang efektif dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Studi ini menerapkan metode penelitian literatur dengan cara mengumpulkan data melalui pencarian di berbagai referensi yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku, dan penelitian sebelumnya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa tes diagnostik efektif dalam mengenali kebutuhan belajar individu siswa serta mampu menjadi dasar dalam pengembangan model pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap keragaman kemampuan siswa. Sehingga, pemanfaatan tes diagnostik secara optimal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perencanaan yang lebih terarah dan berbasis data, sehingga mampu menunjang pencapaian hasil belajar yang lebih maksimal.
Copyrights © 2025