Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 4 (2025)

Strategi Komunikasi Digital Generasi Z: Analisis Pragmatik Kreativitas Bahasa dalam Komentar TikTok

Tampubolon, Mesi Florenza (Unknown)
Sanjaya, Sidney Caroline (Unknown)
Pratama, Rozikin Adi (Unknown)
Anhar, Anhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara mendalam bagaimana Generasi Z memanfaatkan TikTok sebagai ruang komunikasi digital, khususnya melalui interaksi pada kolom komentar. Dengan menggunakan pendekatan pragmatik, kajian ini menyoroti kreativitas berbahasa yang berkembang dalam komunitas digital, seperti penggunaan bahasa gaul, singkatan, hingga emoji yang menjadi sarana ekspresi diri. Metode yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 30 responden dari kalangan Generasi Z. Temuan menunjukkan bahwa TikTok tidak hanya berperan sebagai media hiburan, tetapi juga menjadi wadah interaksi sosial, pencarian informasi, serta sarana pembentukan identitas digital. Komentar yang ditinggalkan pengguna menggambarkan strategi komunikasi yang dinamis, ekspresif, dan sesuai dengan budaya digital generasi muda. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan peran penting TikTok dalam membentuk pola komunikasi digital Generasi Z sekaligus memperkaya perkembangan bahasa dan strategi komunikasi di era teknologi saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...