Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

PENGARUH PENALARAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS IV SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG

Iir, Marviana (Unknown)
Sulianto, Joko (Unknown)
Wijayanti, Arfilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting untuk kemajuan dan perkembangan suatu bangsa karena dengan pendidikan manusia dapat memaksimalkan kemampuan dirinya. Cooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar sekaligus meningkatkan rasa percaya diri siswa dan jiwa sosial sesama teman kelas serta mampu mengembangkan pikiran dalam berpikir dan memecahkan masalah. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Sendangguwo 02 Semarang, dengan perhitungan normalitas menunjukkan data hasil dari nilai rata- rata pada tahap awal sebesar 58,57 dan tahap akhir dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD yaitu sebesar 72,62.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...