Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SD NEGERI REJOSARI 02 KOTA SEMARANG

Setyani, Lawnisa Adita Purnama (Unknown)
Wardana, Muhammad Yusuf Setia (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Kurangnya interaksi dan pemahaman siswa dalam menyerap informasi menjadi tantangan bagi mereka saat mempelajari Bahasa Jawa. Pentingnya kemampuan literasi (berbahasa) yang sangat berhubungan dengan proses belajar, alasan ini membuat keterampilan ini harus diasah dan dilatih mulai dari tingkat sekolah dasar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi siswa kelas III dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SD Negeri Rejosari 02 Kota Semarang serta mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan 66-96% siswa dapat mengikuti serangkaian pembelajaran dengan baik serta menguasai aspek keterampilan literasi. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman literasi Bahasa Jawa seperti dalam beberapa indikator menggunakan media flashcard yang menarik dan metode “meringitian” yang mengajak siswa untuk aktif berpartisispasi dalam belajar Bahasa Jawa. Pemberian tugas untuk pemahaman lebih lanjut tentang materi yang diberikan, serta pembiasaan komunikasi dalam Bahasa Jawa selama pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...