Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tersebut, dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap sikap disiplin siswa kelas IV SD Negeri 2 Mojoagung, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi orang tua, guru, dan sekolah dalam membentuk karakter disiplin anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2024 di SD Negeri 2 Mojoagung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV beserta orang tua mereka. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 8 siswa dan 8 orang tua. Metode pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan analisis korelasi menggunakan SPSS. Langkah-langkah penelitian disusun secara sistematis mulai dari identifikasi masalah, penyusunan instrumen, pengumpulan data, hingga analisis dan interpretasi hasil. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mempertegas bahwa peran keluarga sangat penting dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada anak. Sekolah memang menjadi institusi formal pendidikan, tetapi pengaruh terbesar terhadap perilaku anak berasal dari lingkungan keluarganya. Oleh karena itu, orang tua harus menyadari bahwa pola interaksi dan kebiasaan yang dibentuk di rumah akan tercermin dalam perilaku anak di luar rumah, termasuk di sekolah. Penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian selanjutnya mengenai aspek karakter lainnya yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025