Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA TOKOH- TOKOH DALAM SERI VIDEO ANIMASI “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF”

Ula, Silvia Wahyu Illahil (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)
Budiman, Muhammad Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Pengembangan Karakter Mandiri yang tergambar pada tokoh- tokoh dalam seri video animasi “Riri Cerita Anak Interaktif” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan Karakter Mandiri yang tergambar pada tokoh- tokoh dalam seri video animasi “Riri Cerita Anak Interaktif”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di seri video animasi Riri Cerita Anak Interaktif dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi teknik dengan metode yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter mandiri yang tergambar pada tokoh-tokoh dalam seri video animasi Riri cerita anak interaktif menghasilkan beberapa indikator karakter mandiri ciri-ciri karakter mandiri dalam belajar. Seperti memiliki hasrat atau inisiatif, percaya diri, kreatif, disiplin, merencanakan sesuatu sendiri berani mengambil keputusan dan berani menghadapi masalah serta memenuhi hak dan kewajibannya secara mandiri. Adapun adanya tokoh-tokoh dan cerita yang sesuai realita serta animasi yang menarik, singkat jelas dapat menggambarkan atau menjadi rangsangan bagi anak-anak agar dapat diambil contoh dan ditiru perilaku positif tentang penerapan sikap mandiri dalam kegiatan belajar dan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...