AT-TABAYYUN: Journal Islamic Studies
Vol. 7 No. 1 (2025): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES

IMPLEMENTASI METODE IQRA’ DAN TAHSIN DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SUMBERSARI

Widah Fauziyah (Unknown)
Idris, Muhammad (Unknown)
Danis, Pahmi Muhammad (Unknown)
Salam, Mochamad Fadlani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi metode Iqra’ dan Tahsin di SMP Muhammadiyah 7 Sumbersari untuk meningkatkan keterampilan membaca dan memahami Al-Qur'an. Metode Iqra’, yang merupakan pendekatan bertahap, memudahkan siswa menguasai huruf dan tajwid Al-Qur'an. Metode Tahsin berfokus pada peningkatan kualitas bacaan dengan menekankan tajwid dan tartil. Dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa metode Iqra’ efektif untuk membantu siswa baru mempelajari Al-Qur'an dengan cepat dan sistematis. Metode Tahsin secara signifikan meningkatkan kualitas bacaan siswa yang sudah mengenal huruf Al-Qur'an namun kurang memahami tajwid. Kombinasi kedua metode ini meningkatkan keterampilan teknis membaca dan menumbuhkan kecintaan serta motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur'an. Dukungan dari guru yang kompeten dan fasilitas yang memadai sangat penting untuk keberhasilan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Iqra’ dan Tahsin di SMP Muhammadiyah 7 Sumbersari efektif dan dapat dijadikan model bagi sekolah lain yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

attabayyun

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies (P-ISSN: 2477-5614; e-ISSN: 3021-8659) is a multi-disciplinary publication dedicated to the scholarly study of all aspects of Islam and of the Islamic world. Particular attention is paid to works dealing with history, geography, political science, economics, ...