Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol. 8 No. 2 (2025): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA PADA HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN FOUR-TIER TEST BERBASIS CRI

Patricia, Amanda (Unknown)
Sabani, Sabani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan dan efektivitas instrumen Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test berbasis Certainty of Response Index (CRI) dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi Hukum Newton, serta menganalisis tingkat dan pola miskonsepsi yang muncul. Instrumen yang dikembangkan terdiri atas 15 butir soal dan diujikan kepada 36 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Validasi dilakukan melalui penilaian ahli dengan hasil Cohen’s Kappa sebesar 0,817 dan Fleiss’ Kappa sebesar 0,782, yang termasuk dalam kategori almost perfect dan excellent agreement. Uji empiris menunjukkan bahwa 13 butir soal memenuhi kriteria valid dan reliabel, dengan daya pembeda baik serta tingkat kesukaran yang seimbang. Analisis hasil tes mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami miskonsepsi, terutama pada konsep Hukum II Newton terkait gaya tegangan tali. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen Four-Tier Multiple Choice berbasis CRI yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk mendeteksi miskonsepsi secara mendalam, serta memberikan kontribusi penting bagi pengembangan asesmen diagnostik konseptual dan perancangan pembelajaran berorientasi perubahan konseptual dalam pendidikan fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...