Ishraqi
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ishraqi

MENYEMAI GURU MUHAMMADIYAH BERKEMAJUAN DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH

Ali, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2017

Abstract

Paska reformasi Mei 1998 virus sekolah unggul menjangkiti pengelola sekolah Muhammadiyah. Bermula dari pengelola SD/MI selanjutnya menular ke tingkat Sekolah Menengah. SD/MI Muhammadiyah unggul telah bermunculan, baik yang di kawasan perkotaan maupun pedesaan. Ia menjadi rujukan utama orang tua siswa dalam mendidik putra-putrinya. Sekolah yang diminati itu adalah sekolah model baru yang mengusung sayap kembar keunggulan, yaitu kemampuan akademisnya kompetitif (intelektual) dan kesalehan beragama (ulama). Ketika sekolah Muhammadiyah model baru ini mampu “merebut kepercayaan masyarakat”, pertanyaannya adalah: bagaimana merawat dan memupuk  kepercayaan (trust) secara cerdas. Cara paling genial untuk memupuk kepercayaan ialah dengan jalan memperbaiki tata kelola guru. Secara historis, guru Muhammadiyah telah melewati tiga zaman, yaitu: guru mubaligh, diikuti guru birokrat, dan saat ini tengah memasuki periode transisi untuk menjadi profesional. Tantangan terbesar sekolah Muhammadiyah model baru yang tengah tumbuh ini adalah, bagaimana menjadikan dirinya sebagai rumah yang hangat bagi tumbuh kembang guru Muhammadiyah profesional berkemajuan.  Kata kunci: Guru Muhammadiyah, profesionalisme, tata kelola sekolah baru 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ishraqi

Publisher

Subject

Description

Ishraqi is a Scientific Periodicals Research in the field of Islamic studies. Ishraqi is issued by the Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Surakarta. This journal contains research, original thinking (reflective) and book reviews in the field of Islam in Indonesian, English and ...