Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2025): Agustus

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE DAN NON EXAMPLE MENGGUNAKAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI

Astuti, Kurniawati (Unknown)
Gunawan (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example dan non example menggunakan video untuk meningkatkan karakter mandiri anak kelompok B di TKN 1 Labuapi. Sampel pada penelitian ini adalah 34 anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan rancangan one-group pretest posttest design. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran model pembelajaran example dan non example menggunakan video menunjukkan nilai rata-rata pre-test perkembangan karakter mandiri yaitu 59,91 sedangkan nilai postest perkembangan karakter mandiri yaitu 85,91. Selanjutnya pada uji paired sample t-test nilai signifikasi 2 tailed perkembangan karakter mandiri sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran example dan non example untuk meningkatkan karakter mandiri anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...