Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example dan non example menggunakan video untuk meningkatkan karakter mandiri anak kelompok B di TKN 1 Labuapi. Sampel pada penelitian ini adalah 34 anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan rancangan one-group pretest posttest design. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran model pembelajaran example dan non example menggunakan video menunjukkan nilai rata-rata pre-test perkembangan karakter mandiri yaitu 59,91 sedangkan nilai postest perkembangan karakter mandiri yaitu 85,91. Selanjutnya pada uji paired sample t-test nilai signifikasi 2 tailed perkembangan karakter mandiri sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran example dan non example untuk meningkatkan karakter mandiri anak usia dini.
Copyrights © 2025