Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah SMP Negeri 19 Kota Jambi mengelola program tahfidz. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif, yaitu metode kualitatif yang mengandalkan alat pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan analisis proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian, penelitian ini menyimpulkan bahwa Manajemen Kepala Sekolah Dalam Menerjemahkan Program Tahfidz di SMP Negeri 19 Kota Jambi telah dilaksanakan secara efektif. Permasalahan yang membantu dan menghambat perkembangan program tahfidz di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Sarana dan prasarana, memiliki pengajar hafidz, Al-Quran, dan variabel lingkungan merupakan aspek pendukung. Prasarana dan sarana yang kurang memadai, permasalahan yang berkaitan dengan siswa, dan rasio pengajar tahfidz terhadap siswa merupakan faktor penghambat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala Manajemen Tahfidz di SMP Negeri 19 Kota Jambi antara lain dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, memberikan motivasi kepada peserta didik, serta menambah guru untuk memimpin kelas Tahfidz Al-Qur'an.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025