Latar belakang yang mendorong penelitian ini ialah adanya perubahan kurikulum dari kemendikbudristek dikarnakan adanya pandemi yang cukup lama membuat tingkat pendidikan menurun.. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan P5 pada siswa di kelas IV SD N Bejirejo Kunduran?, 2) Mengetahui kendala penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?, 3) Mengetahui hasil penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, hasil, dan kendala dalam penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Kemudian menggunakan teknik tringualisasi sumber data yaitu Kepala Sekolah, Guru kelas I dan IV , dan Siswa kelas I dan IV dengan jumlah 33 siswa , selanjutnya tringualisasi waktu yang dilaksanan pada siang hari di lokasi SD N Bejirejo Kunduran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di kelas IV SD Bejirejo Kunduran sudah cukup baik. Guru-guru telah menerapkan kurikulum merdeka dengan beberapa tema yaitu Kewirausahaan, Gaya hidup berkelanjutan, dan Outing Class. Proyek yang dilakukan siswa juga sudah mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan baikKata kunci: terdiri dari 3-5 kata kunci
Copyrights © 2023