Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya antusias dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS, hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PROJECT BASED LEARNING terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS materi transformasi energi di SD Negeri 2 Pandes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen menggunakan desain penelitian one groups Pretest/Posttest design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan (Pretest) 42,14 dan rata-rata nilai sesudah diberi perlakuan (Posttest) 85,71. Hasil ketuntasan belajar diperoleh 92,85% dengan 13 siswa tuntas dan 1 siswa tidak tuntas KKM. Pada analisis akhir perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi 0.018 ttabel yaitu 11.079 2.160 maka Ho: ditolak dan Ha: diterima..
Copyrights © 2025