Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 5, No 2 (2025)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERKEMBANGAN TUMBUHAN KELAS IV SDN 3 CEPIRING

Jauhari, Auly Rahmatia (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Latar belakang dari dari studi berikut ialah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS dikarenakan sikap guru yang kurang bersemangat dalam belajar. Konflik yang terjadi pada studi berikut ialah: (1) guru tidak menerapkan model pembelajaran yang kreatif; (2) siswa tidak dilibatkan dalam pembelajaran karena kurang bersemangat dan tidak aktif; (3) model pembelajaran yang basisnya proyek berdampak pada keberhasilan belajar siswa, khususnya yang berkaitan melalui materi pertumbuhan tanaman. Tujuan dari studi berikut ialah guna mengkaji keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap pembelajaran pada bidang materi pertumbuhan tanaman pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Cepiring. Jenis penelitian berikut adalah pendekatan kuantitatif melalui metoda pre-eksperimen one group Pretest-posttest. Sampel penelitian sebanyak 29 siswa. Data dihimpun pada observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov Pretest t-test dan mixed t-test. Pretest memperoleh skor normal sebesar 45,5 dan posttest meningkat menjadi skor rata-rata homogen sebesar 77,93. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% didapatkan t_hitung = 10,840 serta t_tabel = 1,701 sehingga diperoleh t_hitung t_tabel. Berikut artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima serta hipotesis yang ditolak (Ho) ditolak. Sehingga simpulannya adanya penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...