Minat Belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu menyajian media pembelajaran yang menarik dan juga inovatif bagi peserta didik, apalagi pada keadaan yang tidak biasa, yaitu kondisi pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia, dan sangat berpengaruh besar pada dunia pendidikan di negara Indonesia tercinta ini. Sistem Pembelajaran Jarak Jauhpun diselenggarakan, pembelajaran Daring (Dalam Jaringan), dan Luring (Luar Jaringan) di laksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan, tak terlepas Pendidikan Anak Usia Dini juga melaksanakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Kondisi seperti ini sangat mempengaruhi peserta didik, dikarenakan pembelajaran yang tidak biasa, dan berpengaruh terhadap minat belajar, dimana pembelajaran yang disajikan berbeda dengan biasanya, mereka belum mengerti apa yang sedang terjadi, sehingga menjadi permasalan tersendiri bagi guru dan pengelola lembaga. Pada kondisi seperti ini dibutuhkan guru yang cerdas juga kreatif untuk memilih berbagai metoda pembelajaran yang akan diberikan pada peserta didik, agar pembelajaran tidak membosankan dan dapat menarik perhatian anak, sehingga minat belajar anak timbul dan dengan suka hati mereka mengikuti pembelajaran yang diberikan. Penggunaan media pembelajaran audio visual salah satu solusi dari permasalahan yang diakibatkan kondisi pandemi covid -19 di Kelompok Bermain Cakra Buana, Penggunaan media audio visual menarik perhatian anak juga menstimulasi anak. setelah diberikan treatment menunjukan adanya kenaikan persentase setiap instrument, instrument wawancara naik sebesar 25,69% dan untuk persentase instrument penilaian naik sebesar 32%. Kenaikan persentase setiap instrument penelitian menunjukan bahwa H1 diterima, ini berarti adanya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar anak usia dini di Kelompok Bermain Cakra Buana Solokanjeruk Kabupaten Bandung.Kata kunci: Anak Usia Dini, Audio Visual, Minat Belajar, Pandemi
Copyrights © 2023