Implementasi Rapor Pendidikan sebagai instrumen evaluasi mutu pendidikan masih menghadapi tantangan dalam pemanfaatannya di tingkat satuan pendidikan. Fenomena menunjukkan bahwa 61,538% indikator Rapor Pendidikan SMPN 10 Kota Tangerang Selatan mengalami penurunan, dengan dua indikator berkategori "sedang" yaitu kualitas pembelajaran (D.1) dan partisipasi warga satuan pendidikan (E.1). Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengevaluasi serta memanfaatkan Rapor Pendidikan untuk perencanaan berbasis data melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Pelatihan dilaksanakan dengan metode inhouse training (IHT) meliputi tiga tahap: pengenalan Rapor Pendidikan, evaluasi Rapor Pendidikan, dan optimalisasi kinerja melalui PMM. Peserta terdiri dari kepala sekolah dan 35 guru SMPN 10 Kota Tangerang Selatan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang Rapor Pendidikan (85%), kemampuan mengevaluasi data (78%), dan penyusunan rencana tindak lanjut perbaikan pembelajaran (72%). Sekolah berkomitmen memprioritaskan tiga program: evaluasi visi-misi, peningkatan inovasi pembelajaran, dan penguatan kompetensi numerasi domain aljabar. Pelatihan evaluasi pembelajaran berbasis Rapor Pendidikan efektif meningkatkan kapasitas guru dalam perencanaan berbasis data dan memberikan dampak positif terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah.
Copyrights © 2025