Media Educandy merupakan sebuah inovasi pembelajaran interaktif berbasis permainan yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan di era digital. Media ini menghadirkan berbagai fitur permainan edukatif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V MI Plus Fatahillah Ciledug, khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang keduanya diberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educandy memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Kelas eksperimen yang menggunakan media Educandy memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Educandy terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD/MI sebagai media yang mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Copyrights © 2025