Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audio Visual Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Pretest Posttest Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas IV Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar dan sampel yaitu UPT SD Negeri 39 Centre Palleko sebanyak 27 orang dan SD Negeri 167 Inpres Malewang sebanyak 27 orang yang jumlah keseluruhan sebanyak 54 orang. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Manova dengan SPSS versi 30 untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw menggunakan Audio Visual terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar pengaruhnya dibandingkan minat dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol, hal ini dilihat dari persentase dan deskripsi minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audio Visual berpengaruh terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.
Copyrights © 2025