Pembelajaran Outdoor Learning sangat penting diterapkan karena dapat meningkatkan life skill pada anak sekitar 70%. Pembelajaran Outdoor Learning bertujuan untuk Menerapakan kedisiplinan kepada anak, dan mengajarkan kepada anak cara menghargai waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa, dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian: pembelajaran Outdoor dapat dilakukan dengan metode pembiasaan, metode penugasan, metode observasi. Simpulan: pembelajaran outdoor dengan Metode pembiasaan, metode penugasan, metode observasi dan mengajak anak bermain dan berolahraga di luar sekolah sangat efisien dalam meningkatkan hasil belajar anak. Tantangan yang didapat anak susah fokus, membutuhkan waktu lama, menyiapkan kegiatan sesuai usia anak, dan adanya anak yang tantrum ketika pembelajaran outdoor. Harapan guru anak semangat belajar, mendapat pengalaman, bertanggung jawab, melatih keberanian, mengeksplor tempat baru. Faktor penghambat: dapat menyebabkan kecelakaan apabila guru lalai dalam pengawasan.
Copyrights © 2025