Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 6 (2025): In Progress

Tantangan dan Harapan Guru dalam Pembelajaran Outdoor Learning pada Pendidikan Anak Usia Dini

Rohmawati, Syukriya Ulfiyatur (Unknown)
Aeni, Kurotul (Unknown)
Pranoto, Yuli Kurniawati Sugiyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran Outdoor Learning sangat penting diterapkan karena dapat meningkatkan life skill pada anak sekitar 70%. Pembelajaran Outdoor Learning bertujuan untuk Menerapakan kedisiplinan kepada anak, dan mengajarkan kepada anak cara menghargai waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa, dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian: pembelajaran Outdoor dapat dilakukan dengan metode pembiasaan, metode penugasan, metode observasi. Simpulan: pembelajaran outdoor dengan Metode pembiasaan, metode penugasan, metode observasi dan mengajak anak bermain dan berolahraga di luar sekolah sangat efisien dalam meningkatkan hasil belajar anak. Tantangan yang didapat anak susah fokus, membutuhkan waktu lama, menyiapkan kegiatan sesuai usia anak, dan adanya anak yang tantrum ketika pembelajaran outdoor. Harapan guru anak semangat belajar, mendapat pengalaman, bertanggung jawab, melatih keberanian, mengeksplor tempat baru. Faktor penghambat: dapat menyebabkan kecelakaan apabila guru lalai dalam pengawasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...