Perkembangan bahasa sangat penting pada anak usia dini namun, banyak lembaga pendidikan anak usia dini masih kesulitan dengan keterbatasan media, metode konvensional, dan kurangnya pendekatan yang bervariasi. Penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran inovatif yakni Language Stimulation Busy Book. Buku ini mengintegrasikan strategi multisensori dengan metode iSALTY (bercerita, audiolingual, dan total physical response) untuk menstimulasi keterampilan bahasa anak. Penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE ini berhenti pada tahap pengembangan dengan luaran prototipe tervalidasi. Subjek penelitian meliputi guru dan anak usia 4–6 tahun di TK Kanisius Cungkup, Salatiga. Data dikumpulkan melalui wawancara guru, observasi kelas, dan validasi ahli. Temuan penelitian menunjukkan stagnasi dalam pembelajaran bahasa, ketergantungan pada metode konvensional, dan minimnya penggunaan media. Language Stimulation Busy Book yang dikembangkan menawarkan aktivitas multisensori yang kontekstual, menarik, dan berpeluang untuk pembelajaran bahasa dan pengenalan bahasa Inggris awal yang mengakomodasi pembelajaran yang bermakna, menyenangkan dan berkesadaran.
Copyrights © 2025