Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Kreativitas Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles and Huberman. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 September 2024 hingga 11 Oktober 2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk Kreativitas Peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yaitu: (1) Perencanaan meliputi pembentukan tim fasilitator, identifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, penentuan dimensi, tema, dan alokasi projek, penyusunan modul projek dan penyusunan strategi pelaporan projek, (2) Pelaksanaan meliputi pengenalan tema-tema, kontekstualisasi tema, aksi nyata, refleksi dan tindak lanjut, (3) Evaluasi meliputi instrument assesmen yang bervariasi dan rapor projek. Dengan menggunakan projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat membentuk kreativitas peserta didik dengan mengkreasikan panjang maulud.
Copyrights © 2025