Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 10 No. 2 (2025): Kelola: Journal of Islamic Education Management

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN MALANGKE BARAT

Sulistiani, Ino (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik dan dampak dari implementasi manajemen pembelajaran tematik dalam meningkatkan kualitas belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Malangke Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Kepala Sekolah dan Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malangke Barat sebagai subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengelolaan pembelajaran tematik sudah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malangke Barat, dengan melakukan tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan pembelajaran tematik, tahap pelaksanaan pembelajaran tematik, dan tahap evaluasi pembelajaran tematik. Dampak dari implementasi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malangke Barat yaitu memberikan beberapa dampak positif untuk mengembangkan proses pembelajaran terutama bagi peserta didik itu sendiri yaitu peserta didik dapat lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kualitas Belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...