Inaba Journal Of Psychology
Vol. 3 No. 1 (2025): Inaba Journal of Psychology, Vol. 3, Issue. 1, 2025

Pengaruh Musik Lo-Fi Terhadap Pemahaman Bacaan Mahasiswa Usia 19-24 Tahun

Fajri, Gefira Buana (Unknown)
Putri, Gheisya Vellani (Unknown)
Ranaputri, Jessenia Nadira (Unknown)
Saputri, Nisya Dieya (Unknown)
Putri, Keizia Alma (Unknown)
Nurhaliza, Rahma Isnadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Pemahaman membaca merupakan keterampilan kognitif yang penting dalam proses pembelajaran. Banyak mahasiswa menggunakan musik sebagai strategi untuk meningkatkan konsentrasi saat membaca, salah satunya musik lo-fi yang memiliki ritme lembut dan menenangkan. Namun, pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca masih belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok yang membaca dengan musik lo-fi dan kelompok yang membaca tanpa musik. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman membaca, dan data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam pemahaman membaca. Hal ini menunjukkan bahwa musik lo-fi tidak secara langsung meningkatkan atau menghambat pemahaman membaca mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah musik lo-fi dapat digunakan sebagai latar belajar berdasarkan preferensi individu, tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijop

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Inaba Journal of Psychology is an open-access journal, dedicated to the wide dissemination of novel and innovative empirical research in various aspects of psychology, with a particular interest – the development of psychology and behavioral sciences in the world. Inaba Journal of Psychology ...