Pemahaman membaca merupakan keterampilan kognitif yang penting dalam proses pembelajaran. Banyak mahasiswa menggunakan musik sebagai strategi untuk meningkatkan konsentrasi saat membaca, salah satunya musik lo-fi yang memiliki ritme lembut dan menenangkan. Namun, pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca masih belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok yang membaca dengan musik lo-fi dan kelompok yang membaca tanpa musik. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman membaca, dan data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam pemahaman membaca. Hal ini menunjukkan bahwa musik lo-fi tidak secara langsung meningkatkan atau menghambat pemahaman membaca mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah musik lo-fi dapat digunakan sebagai latar belajar berdasarkan preferensi individu, tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca
Copyrights © 2025