Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Hubungan Antara Kemampuan Refleksi Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati

Pertaminingrum, Diah (Unknown)
Rahadiani, Ouve (Unknown)
Budiman, Pahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Latar Belakang: Prokrastinasi merupakan kecenderungan menunda dalam memulai atau menyelesaikan tugas yang dipengaruhi oleh kurangnya motivasi dan kemampuan refleksi diri. Motivasi dapat menjadi pendorong individu untuk mencapai tujuan akademis. Mahasiswa dapat mengenali kelemahan, kekuatan diri, merencanakan tindakan dan memperbaikinya. Tujuan: Mengetahui hubungan antara kemampuan refleksi diri dan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan mahasiswa tingkat 1-4 dengan jumlah sampel 258 mahasiswa dan dipilih menggunakan metode stratified random sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis Spearman. Hasil: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati memiliki kemampuan refleksi diri cukup sebanyak 68.2%, motivasi belajar tinggi sebanyak 60.9% dan prokrastinasi akademik sebanyak 58.1%. Hasil uji spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p-value= 0.00) dengan korelasi lemah dan arah korelasi negatif antara kemampuan refleksi diri (r= -0.245) dan motivasi belajar (r= -0.215) dengan prokrastinasi akademik. Simpulan : Terdapat hubungan antara kemampuan refleksi diri dan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...