Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Process

Pengembangan E-Modul Praktikum berbasis Advance Organizer berbantuan Flipbook

Amir, Faizal (Unknown)
Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Kegiatan praktikum fisika dasar di perguruan tinggi seringkali menghadapi kendala berupa rendahnya kesiapan konseptual mahasiswa dan keterbatasan media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul praktikum fisika dasar berbasis Advance Organizer berbantuan Flipbook yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung pemahaman konsep sebelum pelaksanaan eksperimen. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang difokuskan hingga tahap Develop. Teknik pengumpulan data mencakup observasi kebutuhan, validasi ahli (materi, media, soal), uji kepraktisan oleh dosen dan mahasiswa, serta uji efektivitas melalui analisis nilai pretest dan posttest menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan valid oleh para ahli, praktis digunakan oleh pengguna, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dengan nilai signifikansi uji efektivitas < 0,001. Produk ini berkontribusi dalam memperkuat pembelajaran praktikum berbasis multimedia dan teori Advance Organizer. Temuan ini mengimplikasikan bahwa e-modul berbasis digital dapat menjadi solusi pembelajaran mandiri yang efisien dan kontekstual dalam pendidikan tinggi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan topik dan mengintegrasikan teknologi imersif seperti AR atau VR

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...