Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Raja Sinadin Karya Harianto: Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat

Erianty, Regisaputri (Unknown)
Eti Sunarsih (Unknown)
Lili Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Raja Sinadin karya Harianto serta implementasinya dalam modul ajar Bahasa Indonesia di jenjang SMA. Cerita rakyat sebagai warisan budaya lokal memiliki potensi besar dalam penguatan karakter peserta didik, namun masih minim kajian akademik terkait integrasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan landasan sosiologi sastra. Data berupa kutipan yang mengandung nilai karakter dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat. Hasil analisis menemukan 24 data nilai olah hati, 22 olah pikir, 2 olah raga, dan 6 olah rasa dan karsa. Nilai-nilai tersebut selaras dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk kelas X Fase E, khususnya dalam aspek pemahaman dan evaluasi teks. Temuan ini menunjukkan bahwa cerita rakyat dapat menjadi media yang efektif untuk penguatan karakter sekaligus pelestarian budaya. Oleh karena itu, disarankan pemanfaatannya dalam modul ajar secara kontekstual dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...