Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis podcast edukatif terhadap literasi sains siswa kelas III pada materi "Kenali Hewan di Sekitar Kita" di SDN Lontar 3. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Media pembelajaran berupa podcast edukatif diterapkan pada kelas eksperimen, sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta kuesioner untuk mengukur tingkat literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan literasi sains siswa yang menggunakan media podcast edukatif dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, penggunaan media podcast edukatif terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025