IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 4 (2025): 2025

Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Cham Is Na Uy (Unknown)
NurulAfiqah (Unknown)
Gusmaneli, Gusmaneli (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah merevolusi dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kini menuntut inovasi agar tetap relevan dengan dinamika zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan desain pembelajaran PAI dengan menyoroti manfaat, tantangan, dan strategi implementatifnya di era abad ke-21. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, yang mencakup telaah terhadap buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan integrasi teknologi dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital seperti video interaktif, aplikasi pembelajaran daring, dan platform e-learning tidak hanya meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, tetapi juga memperkuat penguasaan nilai-nilai spiritual melalui pendekatan kontekstual dan kolaboratif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa literasi digital dan kompetensi pedagogis guru menjadi kunci keberhasilan dalam merancang pembelajaran PAI yang inovatif, adaptif, dan tetap berlandaskan nilai-nilai Islam di tengah transformasi teknologi global

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...