Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol. 22 No. 2 (2025)

Pendidikan Kewirausahaan bagi Siswa Disabilitas melalui Pembelajaran Vokasional: Analisis Pengalaman Guru: Entrepreneurship Education for Students with Disabilities through Vocational Learning: An Analysis of Teachers’ Experiences

Cahyani, Leni Ambar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah relevansi pembelajaran vokasional dengan pendidikan kewirausahaan bagi peserta didik penyandang disabilitas berdasarkan dari pengalaman guru SLB dan SMK inklusi di Solo Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari 20 guru keterampilan/ vokasional di SLB dan SMK inklusi di solo raya yang pernah mengajar siswa disabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu focus group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pendidikan vokasional sudah berjalan bertahap sejak kelas 7 di SLB dan berlanjut di SMK, dengan penyesuaian individual terhadap kondisi fisik-kognitif siswa; produk vokasi kerap berpotensi ekonomis (diproduksi, dipasarkan, atau dijadikan modal magang dan kerja), namun dimensi literasi kewirausahaan belum terstruktur dalam kurikulum. Perlu adanya kerangka integrasi literasi kewirausahaan langsung di dalam unit vokasi, meliputi pencatatan biaya, penetapan harga, transaksi, dan pengelolaan hasil, sebagai jalan menuju kemandirian finansial siswa disabilitas. Kata kunci: pendidikan kewirausahaan, siswa disabilitas, pembelajaran vokasional

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...