Motivasi merupakan dorongan internal yang menimbulkan perilaku terarah menuju pencapaian suatu tujuan tertentu. Dalam konteks pembelajaran matematika, motivasi berperan penting dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X IPS MAN I Agam tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah korelasional ex post facto, yaitu penelitian yang bertujuan mengungkap hubungan antara variabel tanpa memberikan perlakuan terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS MAN I Agam di Maninjau, dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika. Analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis melalui analisis korelasi linear. Hasil analisis menunjukkan bahwa ????0=2,8390 lebih besar dari ????????????????????????=1,960 pada taraf signifikansi ????=0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X IPS MAN I Agam. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan motivasi belajar sebagai faktor pendukung keberhasilan akademik siswa.
Copyrights © 2024