Journal of Education and Science (EDUSAINS)
Vol. 2 No. 1 (2024): Juni 2024

Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Endang Mayora (Unknown)
Junaidi (Unknown)
Rusdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Motivasi merupakan dorongan internal yang menimbulkan perilaku terarah menuju pencapaian suatu tujuan tertentu. Dalam konteks pembelajaran matematika, motivasi berperan penting dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X IPS MAN I Agam tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah korelasional ex post facto, yaitu penelitian yang bertujuan mengungkap hubungan antara variabel tanpa memberikan perlakuan terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS MAN I Agam di Maninjau, dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika. Analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis melalui analisis korelasi linear. Hasil analisis menunjukkan bahwa ????0=2,8390 lebih besar dari ????????????????????????=1,960 pada taraf signifikansi ????=0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X IPS MAN I Agam. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan motivasi belajar sebagai faktor pendukung keberhasilan akademik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal EDUSAINS : Journal of Education and Science publishes high-quality and innovative research on the frontier of all sciences with emphasis on mathematics education, mathematical sciences, nature science and Education; which include the fields of education and science : 1. Mathematics Education ...