Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol. 8 No. 5 (2025): Jurnal Disrupsi Bisnis

Pengaruh Live Streaming dan Endorsement Influencer terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tiktok Shop

Selviani, Dwi (Unknown)
Afriyani, Fauziah (Unknown)
Setiawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, termasuk cara mereka melakukan pembelian secara online. Salah satu platform yang mengalami pertumbuhan pesat adalah TikTok Shop, yang memanfaatkan fitur live streaming dan endorsement influencer sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh live streaming dan endorsement influencer terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) angkatan 2021. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 84 responden, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan endorsement influencer tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 40,5% terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa interaksi langsung melalui live streaming lebih efektif dibandingkan promosi oleh influencer. Implikasi praktis penelitian ini adalah pentingnya pelaku bisnis memaksimalkan fitur live streaming di TikTok Shop sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...