Kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sehari-hari adalah air bersih. Oleh karena itu, tugas utama pemerintah adalah menyediakan layanan air yang aman, merata, dan berkualitas tinggi, terutama melalui badan usaha milik daerah seperti Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda). Pentingnya badan usaha daerah dalam memberikan layanan air bersih yang adil dan berkualitas tinggi sebagai bagian dari layanan publik menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Lamaindo dalam meningkatkan layanan air bersih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mengumpulkan data. Pelanggan dan pekerja Perumdam Tirta Lamaindo menjadi populasi dan sampel penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rencana peningkatan layanan penyediaan air bersih bagi pelanggan Perumdam Tirta Lamaindo belum terlaksana dengan benar, sebagaimana ditunjukkan oleh kegagalan memenuhi semua indikator keberhasilan peningkatan strategi layanan, termasuk kurangnya sumber daya manusia yang profesional dan kurangnya loyalitas terhadap PDAM
Copyrights © 2025