Trigonometri merupakan salah satu materi yang sulit bagi sebagian besar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri dan mendeskripsikan perubahan sikap serta kemajuan kemampuan siswa melalui pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan melibatkan siswa kelas X1 Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 39 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, portofolio, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah menerapkan pembelajaran berbasis portofolio yaitu: (1) siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 6,5 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,5 sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 7,5 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,4; (2) skor rata-rata hasil portofolio pada siklus I sebesar 6,2 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,1 sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil portofolio sebesar 7,0 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,0; (3) terjadi perubahan sikap yang lebih baik pada setiap siswa dengan memperhatikan indikator yang diamati, yaitu kehadiran serta keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun kepada teman, menawarkan ide/menjawab pertanyaan guru maupun teman dan membantu teman dalam belajar mengalami peningkatan dari waktu ke waktu; (4) terjadi kemajuan tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi trigonometri berdasarkan pemantauan peneliti pada saat siswa menyelesaikan portofolio serta isi portofolio siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi trigonometri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024