Tujuan dari Penelitian ini adalah1) Mendiskripsikan perencanaanpembelajaran IPAberbasis lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan 2) Mendiskripsikan pelaksanaanpembelajaran IPA berbasis lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan 3) Mendiskripsikan evaluasi kurikulum IPA berbasis lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Desain penelitiannya adalah etnografi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara mendalam (2) dokumentasi(3) observasi. Jenis penelitian ini memusatkan pada deskripdi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan perilaku yang diamati.Sedang teknik analisis data menggunakan (1) model analisis jalinan atau mengalir dan (2) model analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan (1) Triangulasi sumber (2) Triangulasi teknik (3) triangulasi waktu.Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan diawali dengan pembuatan kurikulum 2013 kemudian mengidentifikasi mata pelajaran dan jumlah jam pelajaran. Dengan mengadakan identifikasi mata pelajaran IPA maka RPP IPA dapat disusun dengan mengacu pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasaryang ada didalam kurikulum.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak semua kompetensidapat direncanakan dengan menggunakan lingkungan . Perencanaan denganmenggunakan lingkungan disesuaikan dengan kebutuhan
Copyrights © 2017