Kemampuan berpikir kritis dan berpikir logis merupakan kemampuan yang diperlukan di abad 21 dimana arus informasi sangat dinamis. Informasi dapat diperoleh dari manapun dan kapanpun dari berbagai sumber yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan berpikir logis siswa dalam memecahkan matematis berbasis etnomatematika kain tenun tembe nggoli Bima. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 3 subjek yaitu tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini sebanyak 3 soal yang telah memenuhi kriteria validasi dan reabilitas. Selain itu, pedoman wawancara digunakan untuk menguatkan hasil penelitian. Temuan yang diperoleh adalah siswa yang mempunyai kemampuan tinggi memenuhi 4 indikator KBK dan 3 indikator KBL, kemampuan sedang memenuhi 3 indikator KBK dan 2 indikator KBL dan kemampuan rendah memenuhi 2 indikator KBK dan 1 indikator KBL.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024