Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Bingbaret : Inovasi Permainan dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Tingkat SMA

Liyana, Khaila Egi (Unknown)
Nun, Lulu Ilmaq (Unknown)
Faradilla, Sarah (Unknown)
Safira, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi barisan dan deret aritmatika. Sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat, penelitian ini membahas tentang permainan bingbaret (bingo barisan deret), seperti gambaran umum tentang penggunaan media pembelajaran berbasis game board. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah literature review, artikel dikumpulkan dengan menggunakan mesin pencari seperti google scholar, publish orn phiris dan open read. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2013-2024. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan sebanyak 34 artikel dan didapatkan hasil bahwa menerapkan metode game based learning dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Bingbaret adalah suatu inovasi game pada materi barisan dan deret aritmatika untuk mengasah kemampuan peserta didik dengan tujuan agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memotivasi diri dalam proses pembelajaran, meningkatkan keaktifan dan minat belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...