Integrasi antara pembelajaran dengan budaya merupakan salah satu riset matematika yang mengalami perkembangan saat ini. salah satunya melalui permainan tradisional engklek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi unsur etnomatematika yang terdapat dalam permainan engklek. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas 6 SD. Metode pengumpulan data penelitian yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada permainan tradisional engklek. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam unsur-unsur matematika dalam permainan tradisional engklek. Hasil penelitian ini diperoleh deskripsi permainan engklek yang mengandung unsur matematika yaitu bangun datar, jaring-jaring, membilang, kekongruenan, refleksi, peluang, dan logika matematika. Melalui kegiatan permainan engklek dalam pembelajaran matematika nampak bahwa permainan tradisional engklek dapat digunakan dalam pembelajaran matematika sehingga pembelajaran yang disampaikan lebih kontekstual dan menarik. Penelitian ini terbatas hanya pada penelusuran etnomatematika pada permainan tradisional engklek, belum meneliti bagaimana penerapan dan efektifitasnya dalam pembelajaran. Sehingga peneliti merekomendasikan agar ada penelitian lebih lanjut mengenai penerapannya di kelas dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024