Penggunaan media pembelajaran interaktif Microsoft Powerpoint di sekolah dasar pada mata pelajaran matematika masih perlu menjadi fokus perhatian guru sebagai upaya meningkatkan rendahnya hasil belajar, sehingga penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan multimedia pembelajaran interaktif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini ada dua yaitu fokus proses dan fokus hasil. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas V sebanyak 13 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, perekaman video dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan cara mengelompokkan data Aspek Guru dan Aspek Siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi proses pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Powerpoint di siklus I dan II semakin membaik. Seiring dengan itu, kemampuan pemahaman siswa juga semakin meningkat di siklus I dan II. Oleh karena itu, proses penerapan multimedia interaktif membuat suasana pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Perubahan proses pembelajaran yang telah diuraikan mampu mendorong peningkatan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024