Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Kepraktisan E-Modul Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik

Husna, Laili Nurul (Unknown)
Ulya, Himmatul (Unknown)
Purwaningrum, Jayanti Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Masalah yang dialami peserta didik saat ini adalah ketidakmampaun mereka dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru yang disebabkan oleh minimnya inovasi guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepraktisan penerapan e-modul lingkaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Kami menggunakan model pengembangan ADDIE dengan melibatkan peserta didik kelas VIII MTs. NU Raudlatus Shibyan. Subjek penelitian yaitu guru matematika dan 30 peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang dalam proses pembelajarannya menggunakan e-modul lingkaran. Instrumen yang digunakan berupa angket respon kepraktisan media pembelajaran e-modul lingkaran guru dan angket respon kepraktisan media pembelajaran e-modul lingkaran peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap pengembangan media pembelajaran e-modul lingkaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...