Pembelajaran matematika memiliki fokus yang sejalan dengan penguatan nilai Profil Pelajar Pancasila karena dapat dikombinasikan dengan berbagai media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Missouri Mathematics Project yang dikombinasikan dengan kearifan lokal Batik Jombangan pada materi transformasi geometri. Penggunaan batik dalam pembelajaran sebagai sarana mempopulerkan bahwa warisan budaya Indonesia juga mengandung konsep matematika. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pembelajaran berlangsung di SMPN Tembelang dengan subjek sebanyak 96 siswa (tiga kelas). Data diperoleh dari hasil observasi pembelajaran, wawancara, dan angket. Ketiga data tersebut dianalisis dan dilakukan triangulasi agar memperoleh dtaa valid. Hasil yang diperoleh adalah pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi tranformasi geometri yang dikombinasikan dengan kearifan lokal khususnya Batik Jombangan dapat memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan prinsip Profil Pelajar Pancasila. Dengan adanya konsep Batik Jombangan yang diintregasikan dalam pembelajara dapat memperkuat rasa keterikatan siswa terhadap budaya lokal. Proyek yang mengaitkan antara konsep transformasi geometri dan motif Batik dapat memberikan pengalaman untuk berkreasi mendesain batik dan secara mandiri berpikir kritis dalam menganalisa motif batik yang memuat konsep transformasi geometri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024