Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Analisis Kemampuan Number Sense Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Numerasi AKM Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis

Rosidah, Santi (Unknown)
Hidayat, Edy (Unknown)
Patmawati, Hetty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Minimnya penelitian yang meneliti kemampuan number sense menunjukkan perlunya kajian lebih mendalam di bidang ini dikarenakan number sense merupakan dasar numerasi yang esensial dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi model asesmen kompetensi minimum ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melibatkan peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 1 Ciawi yang berjumlah 29 peserta didik. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kecerdasan logis matematis, tes kemampuan number sense, dan wawancara. Kami menggunakan kerangka analisis Miles & Huberman untuk menganalisis data penelitian yang mencakup: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan kecerdasan logis matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan number sense yaitu mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, memilih estimasi terdekat hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya pada berbagai jenis bilangan, dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan number sense yaitu mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, memilih estimasi terdekat hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis rendah tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan number sense.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...