Menara Tebuireng : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 21 No 1 (2025): September

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN SALAT DHUHA DI SD ISLAM RUHAMA CIREUNDEU

Masyitah Salsabila, Sita (Unknown)
Istiqlaliyah, Hulailah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Pendidikan tidak hanya menekankan aspek akademik tetapi juga pembentukan karakter religius sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembiasaan shalat dhuha. SD Islam Ruhama menerapkan pembiasaan ini secara rutin terutama di kelas VI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalisis bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha pada kelas VI SD Islam Ruhama Cireunde. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, wawancara dilakukan kepada 8 orang responden yaitu, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan 6 Siswa Kelas 6. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha di SD Islam Ruhama Cireundeu sudah berjalan dengan baik dan sistematis, kegiatan ini dilaksanakan rutin sebelum proses pembelajaran dengan dukungan guru sebagai teladan, pengawas sekaligus motivator. Pembiasaan shalat dhuha terbukti menumbuhkan sikap religius siswa seperti ketaatan beribadah, kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, serta kebiasaan berbuat baik, baik di sekolah maupun di rumah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menaratebuireng

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Menara Tebuireng (Jurnal Studi Islam) adalah publikasi ilmiah yang berusaha memfasilitasi artikel akademis dan tulisan ilmiah dari sejumlah studi penelitian empiris dalam bidang Studi Islam. Menara Tebuireng terbuka bagi akademisi, mahasiswa, peneliti, dan praktisi yang berminat untuk berkontribusi ...