Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MISSTAYA (MINIATUR SISTEM TATA SURYA) BERBANTU QUICK RESPONSE CODE UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Purnaningsih, Meitri Catur (Unknown)
Wardana, Yusuf Setia (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangan dan menghasilkan produk media pembelajaran misstaya (miniaur sistem tata surya), dan untuk mengetahhui bagaimana kelayakan dan kepraktisan  media pembelajaran misstaya (miniatur sistem tata surya) berbantu quick response code untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Metode penelitian dan pengembangan (RD) yang digunakan peneliti yaitu metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pangudi Luhur Vincentius dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian didapatkan dari validasi ahli media dan materi serta angket respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil validasi media menunjukan bahwa media pembelajaran Misstaya mendapatkan kategori “sangat layak” dengan presentase 96% , sedangkan validasi materi mendapatkan presentase 94,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian angket respon siswa terhadap media pembelajaran Misstaya mendapatkan presentase 95,6% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penilaian angket respon guru memperoleh presentase 98% dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...