Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada materi Mengurutkan dan Membandingkan Pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar serta mengetahui kevalidan, kelayakan, dan keefektifannya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RD) dengan tahapan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Media divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta diuji coba di SDN Sendangguwo 02 Semarang, SDN Meteseh 05 Kabupaten Kendal, dan SDN Kuningan 04 Semarang. Hasil validasi menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori sangat layak digunakan, dengan skor dari ahli materi sebesar 87,14% dan 97,14%, ahli media sebesar 95,71% dan 97,14%, serta ahli bahasa sebesar 100%. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa media efektif dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Media ini juga mendapat tanggapan positif dari guru karena membantu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media PowerPoint interaktif sebagai alternatif media pembelajaran visual dan interaktif dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2025