Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

ANALISIS PEMBIASAAN 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, DAN SANTUN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SDN PETERONGAN KOTA SEMARANG

Fadila, Amilia Musrifa Nur (Unknown)
Baedowi, Sunan (Unknown)
Artharina, Filia Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Konteks Penelitian ini adalah pembentukan karakter siswa yang dilakukan melalui sebuah pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) yang di rancang agar anak dapat merasakan kebaikan secara langsung dan mengimplemtasikanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan proses pembentukan karakter melalui pembiasaan 5S dan menganalisi nilai karakter yang terbentuk melalui pembiasaan 5S pada siswa kelas IV SDN Peterongan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperolah dengan obsevasi dan wawancara kepada kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianaisis dengan mendeskripsiskan dan menelaah proses pembentukan karakter dan nilai karakter siswa yang penulis peroleh melalui data obsevasi, wawancara kepala sekolah, guru kelas IV, siswa kelas IV, serta dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan 5S telah diimplemtasikan setiap hari di SDN Peterongan. Proses pembentukan karakter melalui pembiasaan 5S di SDN Peterongan melalui beberapa tahapan yaitu pengenalan, pemahaman, penerapan, pengulangan/pembiasaan, pembudayaan, dan internalisasi. Nilai karakter yang terbentuk dari pembiasaan 5S pada siswa kelas IV yaitu religius, disiplin, bertanggung jawab, toleransi, bersahabat atau komukatif, cinta damai, dan peduli sosial. Siswa mampu menunjukkan sikap yang menunjukkan penerapan nilai karakter tersebut melalui pembiasaan 5S.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...