Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya fenomena di SMK Negeri I Sumedang masih ada beberapa permasalah yang berkenaan dengan akhlak bergaul di vakni, beberapa peserta didik masih ada yang tidak malu ketika tidak menjaga lisan, rendahnya rasa toleransi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan diluar pembelajaran. Berangkat dari fenomena tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui lingkungan sosial sekolah siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Sumedang. 2) untuk mengetahui akhlak bergaul siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri I Sumedang. 3) untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap akhlak bergaul siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Sumedang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKRO berjumlah 105 siswa, sampel 35% (36) siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui prosentase dan statistik. Berdasarkan hasil analisis deskripsi menunjukan bahwa lingkungan sosial sekolah termasuk sangat baik, dengan prosentase yaitu 89% dan akhlak bergaul siswa termasuk sangat baik, dengan prosentase yaitu 91%. Lingkungan sosial sekolah pada akhlak bergaul siswa memiliki hubungan searah (B= 835), tingkat keeratan yang sedang (r 0,746), lingkungan sosial sekolah berkontribusi terhadap akhlak bergaul siswa sebesar 55,6% dengan kriteria cukup baik, selanjutnya hasil pengujian hipotesis (uji-t), menunjukan bahwa hipotesis (H) diterima, artinya lingkungan sosial sekolah berpengaruh terhadap akhlak bergaul siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Sumedang.
Copyrights © 2025